Headline

Munaslub Golkar, Benarkah Nurdin Halid pro Sulsel?

Sekretaris Tim Pemenangan Caketum SYL for Golkar 1, La Kama Wijaka menunjukkan nomor urut SYL
Sekretaris Tim Pemenangan Caketum SYL for Golkar 1, La Kama Wijaka menunjukkan nomor urut SYL

Sekretaris Tim Pemenangan Caketum SYL for Golkar 1, La Kama Wijaka menunjukkan nomor urut SYL

JAKARTA, SUARASULSEL.com – Pengambilan nomor urut calon Ketua Umum (Ketum) DPP Partai Golkar baru saja digelar. Delapan caketum sudah memiliki nomor urut masing. Sesuai urutannya, Ade Komarudin (1), Setya Novanto (2), Airlangga Hartarto (3), Mahyudin (4), Priyo Budi Santoso (5), Aziz Syamsuddin (6), Indra Bambang Utoyo (7), dan Syahrul Yasin Limpo (8). Semuanya siap mengikuti Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) di Bali 15 Mei nanti.

Dari delapan caketum, hanya enam yang menyetor uang pendaftaran sebesar Rp1 Miliar. Dan juga hanya keenam yaitu Aziz Syamsuddin, Mahyudin, Setya Novanto, Ade Komarudin, Priyo Budi Santoso, dan Airlangga Hartarto hadir dalam pengambilan nomor urut di Kantor DPP Golkar, Slipi, Sabtu 7 Mei 2016 siang tadi.

loading...

Sementara dua kandidat caketum lainnya, yakni Syahrul Yasin Limpo dan Indra Bambang Utoyo yang tidak menyetorkan uang pendaftaran, tetap dinyatakan lolos dan resmi menjadi caketum Golkar. Bahkan keduanya terlihat kompak tidak datang mengikuti undian pengambilan nomor urut.

“Meski tak menyumbang Rp 1 miliar, akhirnya Syahrul Yasin Limpo dan Indra Bambang Utoyo lolos menjadi calon ketua umum Partai Golkar,” kata Ketua Pengarah (Steering Committee/SC) Golkar Nurdin Khalid, Sabtu (7/5/2016).

Menurut Nurdin, sejak awal pihaknya tak mewajibkan sumbangan atau iuran semiliar rupiah itu. Dia juga tak mau duit itu disebut sebagai biaya pendaftaran yang wajib. Sumbangan dalam AD/ART maupun dalam Undang-undang Partai Politik memang tidak ada istilah uang pendaftaran, yang ada adalah uang iuran dan sumbangan.

Dia menuturkan, AD/ART Partai Golkar disebutnya mengatur bahwa sumbangan semacam itu tidak mengikat. Dia menjelaskan, pihaknya sudah berkomunikasi aktif dengan Syahrul dan Indra sampai pukul 12.00 WIB tadi. Akhirnya lewat rapat, diputuskan kedua orang tersebut bisa maju lewat Munaslub Bali.

“Khusus untuk Syahrul Yasin Limpo dan Indra Bambang Utoyo, persyaratan yang belum dipenuhi adalah sumbangan. Tapi karena sumbangan itu tidak mengikat, maka calon yang sah adalah 6 orang yang sudah diputuskan kemarin dan ditambah dua orang, yakni Syahrul Yasin Limpo dan Indra Bambang Utoyo,” kata Nurdin. (*)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

loading...

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top