Daerah

Andi Mustaman ; Keamanan Penunjang Utama Sektor Pariwisata

sosialisasi-mustama

sosialisasi-mustaman-4MAKASSAR, SUARASULSEL.COM – Sektor pariwisata merupakan salah satu pemasok devisa Indonesia terbesar setelah Migas, sehingga pemerintah terus memacu sektor jasa ini dalam negeri untuk menyerap banyak devisa. Dimana Indonesia memiliki potensi wisata yang engkap.

Di momentum hari peringatan pariwisata tanggal 27 September yang telah diperingati sejak tahun 1980, Tokoh Pendidikan Kota Makassar, Andi Mustaman mengajak masyarakat untuk memilih berwisata dalam negeri ketimbang keluar negeri.

Kata dia, destinasi wisata yang dimiliki Indonesia masih jauh lebih baik ketimbang dengan yang ada di luar negeri. “Ngapain harus jauh-jauh keluar negeri dan keluarkan uang banyak jika yang ada dalam negeri lebih baik,” jelas Ketua Yayasan Bhakti Bumi Persada ini kepada wartawan, Selasa (27/9/2016).

loading...

Andi Mustaman mencontohkan Kota Makassar salah satunya. Dimana memiliki potensi yang sangat kompleks mulai dari wisata kota, alam, budaya, sejarah, bahari, adventure, kuliner hingga wisata bisnis. “Wisata ke Makassar semua ada,” jelas Andi Mustaman.

Namun, kata dia spot wisata di Kota Makassar masih perlu adanya pengelolaan yang baik dari pihak pemerintah maupun stakeholder lainnya. “Yang jadi kelemahan destinasi wisata dalam negeri kita yakni tidak dikelolah secara serius yang berbasis masyarakat,” jelasnya.

Yang tak kah penting kata Andi Mustman yakni pemerintah harus memberikan rasa kemanan kepada para pengunjung. Sehingga tidak merasa was-was. “Keamanan yang sangat utama. Seperti kita ketahui peristiwa bom Bali sangat mempengaruhi kunjungan wisatawan,” jelas Andi Mustaman.

Apalagi Kementerian Pariwisata Republik Indonesia telah menetapkan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai daerah tujuan wisata unggulan nasional bersama Sumatera Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi Utara, diluar Bali. “Makassar sebagai gerbang utama Sulawesi Selatan harus memanfaatkan ini,” imbuhnya.

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

loading...

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top