Headline

Andi Mustaman: Akademisi Bisa Salah, Tetapi Tidak Boleh Berbohong

Andi Mustaman
Andi Mustaman

Andi Mustaman

MAKASSAR, SUARASULSEL.COM – Integritas dan Kejujuran, keduanya bisa menjadi kesatuan yang dapat dijadikan modal dasar para akademisi dalam dunia pendidikan Indonesia saat ini.

Jujur, mengatakan apa yang dilakukan, sebaik atau bahkan seburuk apapun tindakan yang telah dilakukan. Menjaga integritas, melakukan apa yang dikatakan. Utuh antara perkataan dan perbuatan.

Kutipan tersebut diungkapkan oleh Drs. H. Andi Mustaman, MM saat menyinggung dinamika dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Sudah 23 tahun putra Bugis-Makassar yang lahir 26 April 1961 di Kabupaten Bone ini menggeluti dunia pendidikan, khususnya di Sulawesi Selatan.

Setelah menyelesaikan studi S1 di Universitas Hasanuddin (Unhas) pada 1985 silam, Iya meraih gelar Magisternya dalam bidang Manajemen di Universitas Muslim Indonesia 2013 yang lalu. Andi Mustaman yang hingga saat ini sementara menjalankan Program Doktoralnya di salah satu perguruan tinggi di Makassar terbilang banyak mengantongi pelangaman dalam dunia pendidikan.

loading...

Selain memiliki segudang prestasi, Andi Mustaman juga aktif melakukan kegiatan sosialisasi tentang kewirausahaan dan sosial masyarakat. Semangat dan keseriusannya dalan membangun dunia pendidikan telah dilakukan sejak Ia masih menjabat sebagai ketua di STISIPOL 17 Agustus pada periode 1998-2007. Saat ini, Andi Mustaman menjabat sebagai Ketua Yayasan pada Perguruan Tinggi STIE WIra Bhakti Makassar.

Banyaknya Amanah dan tanggung jawab yang pernah digeluti tidak terlepas dari sikap dan kepribadian yang tertanam sebagai putra Bugis-Makassar. Menjunjung tinggi kejujuran sudah menjadi prinsip terus dipegang teguh Andi Mustaman dimanapun Ia berada.

“Akademisi bisa salah, tetapi tidak boleh berbohong”

Itulah kunci dan pedoman yang Ia yakini sejak dulu hingga saat ini. Menurutnya, pendidikan Indonesia saat ini harus dikelola dan dikembangkan dengan dasar kejujuran, niat yang bersih serta integritas yang dijunjung tinggi.

Umumnya, pemerintah, akademisi, masyarakat serta seluruh elemen yang terkait dalam dunia pendidikan harus saling bersinergi dengan satu tujuan. Menjadikan pendidikan Indonesia memiliki kualitas dan daya saing yang tinggi di tingkat dunia. Itu harus menjadi cita-cita bersama.

Andi Mustaman menyakini cita-cita tersebut dapat diwujudkan dengan melakukan pembenahan secara bertahap dari semua lini pendidikan.

Pembenahan tersebut dapat dilakukan dengan mengimplementasikan peningkatan kualitas wadah (Institusi pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi) pendidikan, meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan, Membentuk atau meningkatkan sistem manajemen pendidikan yang terbuka serta membentuk dan meningkatkan kualitas tenaga kependidikan.

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

loading...

Copyright © 2015 The Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top